Pilih Warna Kesukaan Anda

Selasa, 22 November 2011

Akulah Pahlawan itu

Jika kita bicara soal pahlawan, maka akan ada banyak penafsiran disini. Pahlaan dalam bidang apa yang dimaksud. Karena dlam setiap bidang kehidupan pasti di dalamnya ada pahlawannya. Misalnya dalam bidang pendidikan, ada pahlawan yang biasa kita sebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru. Dalam bidang keamanan ada pahlawannya yaitu yang biasa kita panggil sebagai polisi. Dalam bidang kesehatan ada seorang dokter. Jadi ketika kita bicara soal pahlawan, maka harus lebih spesifik. Pahlawan dalam bidang apa yang dimaksud.

Ada satu pahlawan yang paling menarik jika kita bahas yaitu pahlwan kemerdekaan. Bagaimana para pahlawn tersebut berjuang dengan jiwa dan raganya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekann Indonesia. Pahlawan seperti inilah yang dinamakan pahlawan sejati. Yaitu pahlawan yang rela mengorbankan segalanya demi kebaika orang lain. Tidak harus dengan jiwa dan raga, karena sekali lagi pahlawan itu banyak sekali. Tapi intinya untuk menjadi pahlawan sejati adalah satu, yaitu rela mengorbankan semua yang dimiliki untuk kebaikan orang lain.

Pertanyaannya sekarang adalah pahlwan seperti apa yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini? Negara indonesia saat ini benar-benar butuh seoarng pahlawan yang bisa mengeluarkan Indonesia dari masalah-masalah yang dihadapi. Jika kita runtut maka akan kita temukan bahwa yang membuat masalah Indonesia tidak selesai-selesai adalah karena Indonesia dipimpin oleh orang yang tidak mempunyai jiwa pahlawan, hanya memikirkan dirinya sendiri. Ini semua ada hubungannya dengan pendidikan karakter yang diperoleh sebelum ia menjadi seorang pemimpin.

Nah ketika kita sudah tahu akar permasalahannya maka kita akan lebih mudah untuk menyelesaiknnya. Akar dari masalah Indonesia yang tidak kunjung selesai adalah karena para pejabat hanya memikirkan diri sendiri, mereka tidak punya jiwa pahlawan, mereka tidak memikirkan nasib rakyat dan bangsa Indonesia. Kenapa para pemimpin Indonesia bisa begitu, ya meskipun tidak semuanya. Karena para pemimpin Indonesia tidak memliki karakter yang kuat dan itu karena mereka tidak mendapatkan pendidikan an karakter sejak dini. Makanya jadinya seperti itu, tidak bisa dipercaya.

Sekarang solusinya adalah bagaimana supaya para pejabat Indonesia memiliki karakter yang kuat. Nah disinilah dibutuhkan seorang pahlawan. Berarti kita akan berbicara soal pahlawan dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan karakter. Karena dalam bidang inilah semua akar permasalahan Indonesia terjadi.

Kita semua tentu saja sudah tahu dengan pahlawan tanpa tanda jasa yang satu ini, yaitu guru. Ada pepatah mengatakan bahwa “serahkanlah segala sesuatu pada ahlinya, jika tidak maka tunggulah kehancurannya”. Siapa yang berperan dalam menjadikan seseorang itu ahli? Ya tidak lain tidak bukan adalah seorang guru, tentu saja seorang guru yang ahli dalm bidangnya. Oleh karena itu peran guru disini sangat penting.

Tapi masalahnya tidak semua guru adalah pahlawan, ada juga guru yang tidak menjalankan tugasnya dengan semestinya, sehingga yang ada bukan menjadikan muridnya berwawasan luas dan berguna bagi orang lain tapi malah sebaliknya. Yang seperti itu juga harus di tindak, agar tidak semakin merajalela.

Nah guru seperti apa yang cocok dengan keadaan Indonesia saat ini? Karena banyak sekali guru di negeri ini, namun sedikit dari mereka yang merupakn sosok pahlwan sejati. Yang kita butuhkan adalah seorang guru yang tidak hanya bisa mengajar tetapi juga bisa membina dan mendidik, guru yang tidak hanya bisa menjadikan muridnya cerdas tetpai juga memiliki budi pekerti yang luhur dan yang pasti memiliki karakter yang kuat.

Masalahnya dimana kita bisa menemukan seoarang guru dengan spesifiksai sepeti itu. Pasti sangat sulit untuk menemukannya! Nah disinilah mahasiswa berperan, sebagai genersi penerus bangsa harusnya para mahasiswa tidak hanya memikirkan kuliah dan kampusnya saja tetapi juga harus mulia memikirkan negaranya. Untuk mencari seoarang pahlawan tanpa tanda jasa yang sejati snagtlah sulit. Oleh karena itu, kenapa bukan kita saja yang menjadi pahlawan itu?

Jika semua mahasiswa bisa berfikir seperti itu pasti para generasi penerus bangsa nantinya adalah benar-benar orang yang dapat dipercaya yang selalu memikirkan bangsa dan rakyatnya. Paling tidak mahasiswa adalah seorang ahli dalam bidangnya. Yang dimaksud guru disini sangatlah luas, karena setiap orang yang ahli dalam bidangnya adalah seorang guru. Nah ketika menjadi guru dalam bidangnya jadilah seorang guru yang memilki jiwa pahlawan sejati yaitu jiwa rela berkorban demi kebaikan orang lain.

Memang dalam mensukseskan pendidikan dibutuhkan banyak pihak. Tetapi justru mahasiswa lah yang sangat berperan disini. Karena dari seorang mahasiswa inilah semuanya dimulai. Bayangkan saja, sekarang hampir semua pekerjaan yang bagus mensyaratkan kepad para calon pegawainya adalah lulusan S1 atau D3. apalagi untuk menjadi seorang guru-guru disekolah dia haruslah seorang yang ahli dalm bidangnya. Misalnya guru bahsa inggris, ia harus ahli dalam bidang bahasa inggris. Belum lagi untuk jadi soerang pejabat pemerintahan syarat tersebuta adlah wajib.

Oleh karena itu mahasiswa disini memliki peran yang sangat penting. Intinya adalah ketika ia menjadi mahasiswa maka ia harus sungguh-sungguh dalam menjalani kuliahnya selain itu juga harus aktif dalam organisasi karena organisasi inilah yang akan melatih softskill, yang tidak didapatkan dalam kuliah. Karena semuanya berawal dari ketika menjadi mahasiswa, jadi mahasiswa harus sungguh-sungguh dalam manjalani kemahasiswaannya. Dengan opsepsi bahwa aku akan jadi seorang pahlawan tanpa tanda jasa yang sejati. Tapi tak semua mahasiswa sadar akan hal ini.

Kembali bicara soal pahlawan. Sekarang kita tahu bahwa pahlawan yang dibutuhkan negara Indonesia adalah seorang guru, “ yaitu pahlawan tanpa tanda jasa”. Yaitu guru yang tidak hanya bisa mengajar melainkan juga bisa mendidik dan membina karakter seseorang. Dan untuk mencari pahlawan seperti itu adlah sulit. Solusinya adalah kita sendiri yang notabene adalah seorang mahasiswa yang akan menjadi pahlawan tersebut.
Karena dari masa mahasiswa inilah semuanya di mulai. Dari untuk menjadi seorang guru sampai pejabat pemerintahan, syarat yang pertama adalah minimal dia harus lulusan S1 atau D3. bagaimana seorang mahasisawa bisa lulus jika dia tidak sungguh-sungguh dalam kuliah? Tapi bukan hanya itu saja seorang mahasiswa juga harus punya softskill dan juga karakter yang kuat. Jadi peran mahasiswa disini sangatlah penting.

Sebagai kesimpulan bahwa semua orang di dunia adalah seorang pahlawan. Paling tidak adalah pahlawan bagi diri sendiri. Tapi ada satu sosok pahlawan yang sangat dibuthkan oleh bangsa Indonesia saat ini, yaitu seorang guru atau lebih tepatnya kita sebuat sebagai seorang pendidik. Yang akan menghasilkan orang-orang yang bisa mengelurkan Indonesia dari masalah-masalahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar