Pengertian Fungsi dan Macam Konektor - Gudang Ilmu

Monday, February 1, 2016

Pengertian Fungsi dan Macam Konektor

Konektor (jack)
Ditulis Oleh: Magister Pengelana
@Magister Pengelana


konektor


Konektor adalah salah satu alat komponen yang digunakan untuk menghubungkan satu peralatan dengan peralatan yang lainnya. Yang dirancang dan digunakan untuk menyalurkan sinyal atau frekuensi. Misalnya jack salon, jack mikropon, dan lain-lain. Untuk mengetahui bagian positif mudah saja, bagian positif adalah bagian yang berada ditengah, sedangkan yang negatif adalah badan jack itu sendiri.

Socket jack

Socket jack adalah pasangan dari konektor/jack. Jadi cara menyambungkannya dengan memasukkan jack ke dalam lubang socket. Kalau konektor/jack biasanya disambung dengan kabel sedangkan kalau socket menempel pada PCB atau casing peralatan elektronika. Setiap jenis konektor/jack pasti ada socket yang sejenis. Jadi jika membeli sebuah jack sedangkan kita belum punya socket/pasangannya, maka jangan lupa beli socketnya juga.

Header

Biasa disebut juga dengan pinhead. Fungsinya sebagai socket untuk menghubungkan kabel-kabel konektor. Ada banyak macam pinhead, ada yang tunggal dan juga double. Dimulai dari 2 kaki sampai ada yang 24 kaki. Pinhead ini dipasang di PCB. Dengan adanya pinhead ini, kita akan lebih mudah dalam memasang maupun melepas kabel karena kita tidak perlu menyolder berulang kali, tinggal mencabut dan mengganti saja. Jika membeli pinhead sesuaikanlah dengan kebutuhan. Double atau tunggal dan berapa pin/kaki.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda