Mudahnya Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula - Gudang Ilmu

Monday, September 13, 2021

Mudahnya Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

 

Burayak Ikan Guppy Ku

Yo, sobat jolalingopi gimana hari ini sudah ngopi apa belum? Kalo belum, ngopi dulu gih, biar hidup lebih semangat. Hehehe

Aku mau berbagi lagi nih sob, kali ini tentang dunia ikan. Hari minggu kemarin tepatnya tanggal 12 September 2021, tank/aquariumku yang isinya cuma dua ikan yaitu guppy jantan dan betina tiba-tiba dipenuhi dengan penghuni lain, aku kaget dong karena jumlahnya cukup banyak. Wah Alhamdulillah ternyata ikan guppy ku sudah brojoli atau beranak. Seneng bangetlah pokoknya karena saat yang ditunggu-tunggu datang juga. FYI aku beli ikan ini tanggal 2 September dan sebenarnya sudah hamil besar sih. Hehehe

Waktu awal beli aku gak peduli dengan jenis ikan guppynya, karena warnanya bagus dan mencolok aku langsung beli aja, toh harganya gak mahal-mahal banget. Cuma 10k sepasang. Aku baru tau akhir-akhir ini kalo ternyata jenis guppy yang aku beli adalah "Tuxedo Koi". Berikut penampakannya ikannya.

Guppy Tuxedo Koi

Aku kira nih kalo lahiran mungkin anaknya sekitar sepuluh. Eh ternyata hampir 50 ekor gaesss. Aku gak bisa bayangin sih bagaimana anakan sebanyak itu masuk di perut ibu nya. Hahaha

Kata temen yang ahli breeding guppy, klo sudah beranak indukkannya harus dipisah. Ya sudah akhirnya aku beli box seterofoam yang ukuran kurleb 70xm x 30cm seharga 35k untuk tempat burayaknya. Dan indukkannya nanti bakalan hamil lagi.

Gimana sob menurutmu, simpel dan murah ya ternak ikan guppy nya. Padahal aku ini pemula lho, tapi kalo mau belajar pasti bisa deh. Yang jadi PR ku sekarang adalah makanannya nih sob. Sementara ini aku kasih pelet yang tak blender halus, biarsi burayaknya bisa makan. Tapi kayaknya perlu Artemia deh. Untuk artemia aku sudah beli di online shop, tapi untuk kulturnya gak tau nanti bisa apa gak. hehe

Nanti tak update lagi sob kalo kultur artemianya berhasil.

NB: Ikan guppy tidak perlu aerator

Tips: 

  1. Air untuk burayak jangan diganti dan bisa dikasih air garam untuk membunuh parasit, agar burayak tidak cepat mati
  2. Kalo beli ditoko ikan yang ombyokkan, cari aja ikan yang perutnya buncit
  3. Kalo mau lebih murah bisa beli online, tapi hitung2 lagi biaya ongkirnya
  4. Sobat bisa pake toples 2 L untuk mengawinkan, dan pakai nampan atau box seterofoam untuk pemijahan.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih sudah mampir

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda