Pengalaman Beli Komponen Dari Cina Via Shopee - Gudang Ilmu

Wednesday, September 15, 2021

Pengalaman Beli Komponen Dari Cina Via Shopee

 

Untuk sobat yang hobi elektronika, pasti sering mengalami masalah sulitnya mendapatkan komponen pengganti saat men-servis alat-alat elektronika. Tentu saja ini tidak aneh, karena ya gimana sekarang banyak alat-alat elektronika yang diproduksi di Cina, auto kan komponen2nya banyak berasal dari sana. Efeknya kalo pas alatnya rusak, biasanya sulit mendapatkan komponen pengganti, terutama untuk komponen aktif seperti IC, TR, Mosfet, dll. Kalo pun di Indo ada pasti harganya mahal belum lagi ditambah ongkir, karena belinya harus online. 

So, disini aku ingin berbagi pengalaman dengan sobat cara mudah dan murah belanja komponen elektronika dari Cina. Mungkin dari sobat jolalingopi sudah sering melakukannya. Tapi gpp, namanya juga berbagi pengalaman, pasti tiap orang kan pengalamannya berbeda-beda. Hehehe

Ceritanya pas aku lagi nyante-nyante eh tiba-tiba ada tetangga yang datang ke rumah bahwa alat charger mesin semprot elektrik untuk nyemprot padi di sawah (sprayer elektric). Ini Gambarnya:

Katanya abis jatuh trus mati dan aku diminta untuk memperbaiki, kalo pun masih bisa diperbaiki. Kalo gak katanya minta dibeliin online gpp. Ya udah aku coba bangkar, dan wowww aku kaget dong, dalamnya kok cuma gini, simple sekali. Hahaha (lihat gambar)

Bottom  Top

Asumsi ku sih penyebab kerusakannya adalah IC PMW+Power Mosfet yang mati. Aku coba cek seri IC nya, dibadan  IC nya bertuliskan "DK 1203". Wah asing juga nih, pikirku. Karena blm pernah nemuin seri IC ini. Aku coba cek di online dan woww, harganya mayan sob, sekitar 30rb-an. Padahal klo beli charger nya gak nyampe 25rb. Hahaha. 

Mau tak beliin dari cina kok ya gimana, karena kan pasti nih alat mw segera dipake. Jadi aku beliin charger barunya toh harganya lebih murah.

Karena merasa eman klo chargernya jadi rosok, aku iseng2 aja coba beli IC nya dari cina, lebih tepatnya lewat aplikasi Shopee. Hehe. Harganya juga murah sekali Rp. 13.0000/10 pcs. Nah yang aku gak nyangka tu, waktu pengirimannya cepat sekali hanya 6 hari sob. Dari awal aku checkout tanggal 9 September dan tanggal 15 September sudah sampai. FYI aku sudah sering belanja online dari Cina tapi baru kali ini pengirimannya super cepat, biasanya 8 hari lebih sih. 

Dan satu lagi bulid quality komponennya itu oke banget sob. Kelihatan kalo berkualitas. (lihat gambar dibawah!)

Dah segitu dulu sob, pengalaman menarikku beli komponen dari Cina. Semoga bermanfaat dan Terimakasih sudah mampir.

Untuk hasilnya, apakah nanti cas nya hidup lagi setelah tak ganti IC bakal tak update lagi sob.

Note:

  1. Tidak selamanya belanja online barangnya sesuai dengan yang kita harapkan, jadi sebaiknya coba cari di toko dulu.
  2. Belanja dari Cina memang murah, tapi ada kemungkinan barang hilang saat pengiriman, jadi harap perhatikan Asuransi dari Shopee
  3. Sebelum beli lihat dulu review pembeli pada toko tersebut

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda