Contoh Soal dan Jawaban Manajemen Strategi (Sustainable Competitive Toyota Auto2000) - Gudang Ilmu

Saturday, December 11, 2021

Contoh Soal dan Jawaban Manajemen Strategi (Sustainable Competitive Toyota Auto2000)


Halo sob, kali ini aku punya Contoh Soal dan Jawaban Manajemen Strategi tentang Sustainable Competitive Advanteg dari Toyota Auto2000 nih. Semoga bisa membanu buat sobat yang lagi mencari materi tentang manajemen strategi Toyota Auto2000. Terimakasih

PT. ASTRA INTERNATIONAL. Tbk
( TOYOTA AUTO 2000 )

 SEJARAH PERUSAHAAN

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 20 Februari 1957 dengan nama PT. Astra Internasional Incorporation (All) oleh Bapak Drs. Tjia Kian Tie, Bapak William Soerdjaya (Tjia Kian Liong), dan Bapak E. Harman (Liem Peng Hong). Pada mulanya perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan umum, mulai dari menjual soft drink, merek Prem Club dan juga ekspor-impor hasil bumi. Pada tahun 1965 PT. Astra International Incorporation mengalihkan usahanya menjadi pengimpor kendaraan bermotor, alat-alat berat, dan alat-alat teknik yang dapat menunjang kebutuhan pembangunan nasional. 

Pada tanggal 1 Juli 1969 PT. Astra International Incorporation mendapat pengakuan resmi dari pemerintah sebagai agen tunggal mobil merek Toyota untuk seluruh wilayah Indonesia. Sebagai kelanjutannya PT. Astra International Incorporation membcntuk “Toyota Division” yang menangani distributor dan pemasaran kendaraan merek Toyota. 

Pada tahun 1971 didirikan perusahaan baru dengan nama PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang merupakan patungan antara PT. Astra International lncorporation dengan Toyota Motor Company (TMC). PT. Toyota Astra Motor ini kegiatannya yaitu mengimpor mobil-mobil nlerek Toyota dalam keadaan Completely Knock Down (CKD) dari Jepang, kemudian dirakit di PT. Multi Astra serta menyalurkan pada dealer-dealer utama di Indonesia. Sehingga status agen tunggal Toyota untuk seluruh Indonesia dialihkan kepada PT. Toyota Astra Internasional Incorporation sejak itu bcrubah menjadi penyaluran utama. 

PROFIL TOYOTA AUTO 2000

AUTO2000 adalah jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang manajemennya ditangani penuh oleh PT Astra lntemational Tbk. Saat ini AUTO2000 adalah main dealer Toyota terbesar di Indonesia. yang menguasai antara 70-80 % dari total penjualan Toyota. Dalam aktivitas bisnisnya. AUTO2000 berhubungan dengan PT Toyota Astra Motor yang tnenjadi Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Toyota. AUTO2000 adalah dealer resmi Toyota bersama 4 dealer resmi Toyota yang Iain.

AUTO2000 berkembang pesat karena memberikan berbagai layanan yang sangat memudahkan bagi calon pembeli maupun pengguna Toyota. Dengan slogan “Urusan Toyota jadi mudah!" AUTO2000 selalu mencoba menjadi yang terdepan dalam pelayanan. Produk-produk AUTO2000 yang inovatif seperti THS (Toyota Home Service). Express Maintenance (servis berkala hanya dalam satu jam) dan Express Body Paint (perbaikan body 3 panel dalarn 8 jam saja) Booking Service mencerminkan perhatian AUTO2000 yang tinggi kepada pelanggannya. AUTO2000 memiliki eabang yang tersebar di seluruh Indonesia (kecuali Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, Jambi, Riau, Bengkulu, Jawa Tengah dan D.I.Y). Selain cabang-cabang AUTO2000 yang berjumlah 9 outlet cabang. AUTO2000 juga memiliki dealer yang tersebar di seluruh Indonesia (disebut indirect), yang totalnya berjumlah 87 outlet dealer. Dcngan demikian. terdapat I78 cabang yang mcwakili penjualan AUTO2000 di seluruh Indonesia. 77 Bengkel milik AUTO2000 merupakan yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggam. Disamping itu AUTO2000 juga memiliki 596 Partshop yang menjamin keaslian suku cadang produk Toyota. AUTO2000 berdiri pada tahun I975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun I989 berttbah nama menjadi AUTO2000.  

PERTANYAAN: :
Buatlah analisis kcbijakan stratcjik sehingga TOYOTA mampu melaksanakan:
1. Suistainable Competitive
2. SCA (Suistainable Competitive Advantege)
3. Above Avarage Performance (AAP)

Jawaban: 

1.      Inovasi Produk Tanpa Henti

Strategi produksi yang dilakukan Toyota dalam penyesuaian terhadap kebutuhan konsumen apabila dilihat dari sisi strategi pemasaran produk menurut Hermawan Kartajaya, artinya Toyota menerapkan konsep benefit selling. Fokus pada manfaat produk terhadap kebutuhan pelanggan ini, apabila dilihat dalam prakteknya pada pasar industri mobil di Indonesia mampu mendorong Toyota menjadi salah satu penguasa pasar. Lebih dalam, implementasi strategi produksi Toyota dikenal dengan istilah “inovasi produk tanpa henti”. Melalui inovasi tanpa henti, artinya Toyota selalu berusaha menciptakan penambahan fitur-fitur baru dalam produknya. Konsep yang diterapkan oleh Toyota dalam hal ini adalah konsep feature benefit. Penambahan fitur pada produk menurut Hermawan Kartajaya merupakan faktor pendorong untuk meningkatkan relasi jangka panjang dengan pelanggan. Relasi tersebut tercipta sebagai hasil dari ekspektasi pelanggan terhadap pembaruan-pembaruan yang dilakukan oleh perusahaan. 

2.      Pengembangan Produk Next-Gen Vehicles

Next-Gen Vehicles adalah kendaraan yang ditujukan untuk menyesuaikan dengan tren ke perkembangan teknologi ke depan dimana lebih ditujukan untuk menghasilkan teknologi yang ramah lingkungan. Jika dilihat pengembangan produk Next-Gen Vehicles ini ditujukan untuk mendukung elemen segmentasi, differensiasi, dan brand.

Dari sisi segmentasi adanya pengembangan produk ini ditujukan untuk menyesuaikan dengan ekspektasi masyarakat dunia yang cenderung untuk mendukung teknologi yang ramah lingkungan. Pengembangan lini produk next-gen vehicles akan dapat membuka segmen pasar yang baru baik dari static segmentation maupun dynamic segmentation. Dari segi static segmentation adalah peluang untuk membuka pangsa pasar di negara-negara yang tingkat kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan tinggi seperti pasar eropa. Sementara dari sisi dynamic segmentation adalah untuk mengantisipasi selera pasar masyarakat dunia yang semakin mendukung diterapkannya green technologies.

Dari elemen differensiasi, kegiatan pengembangan produk Next-Gen Vehicles untuk melakukan differensiasi produk Toyota yang sudah dikenal sebagai kendaraan keluarga. Dengan adanya strategi ini, Toyota akan menambah value brand Toyota dengan cara menawarkan produk kendaraan keluarga berteknologi tinggi yang ramah lingkungan.

Dari sisi brand, Toyota selama ini dikenal sebagai kendaraan keluarga karena memiliki kapasitas yang besar dengan harga terjangkau seperti produk Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Pengembangan kendaraan berteknologi tinggi yang ramah lingkungan akan menambah value Toyota dan serta meningkatkan loyalitas pelanggan. 

3.      Peningkatan Kapasitas Pengembangan Produk dan Rantai Penawaran (Supply Chains) untuk Meningkatkan Kompetitif Internasional.

Strategi ini ditujukan untuk mendorong peningkatan kapasitas produksi baik menambah jumlah pabrik maupun meningkatkan efisiensi dalam proses produksi. Strategi ini akan mendukung peningkatan target penjualan perusahaan seiring dengan prediksi bahwa semakin banyaknya golongan masyarakat kelas menengah dunia yang salah satu cirinya adalah adanya kepemilikan mobil sebagai lifestyle. Strategi ini dapat kita golongkan ke dalam bentuk strategi elemen marketing-mix, dan proses.

Menurut Fred R. David marketing-mix mencakup 4 variabel yaitu product, place, promotion, dan price. Peningkatan kapasitas melalui efisiensi proses produksi akan meciptakan produk dengan harga yang lebih rendah tanpa harus mengurangi kualitas dari produk itu sendiri. Sebagai contoh penerapan Just-in Time dalam proses produksi akan mengurangi komponen biaya penyimpanan persediaan Toyota. Kendaraan akan diproduksi hanya ketika memang benar barang tersebut akan laku dijual hal ini karena barang diproduksi ketika barang tersebut terlebih dulu dipesan oleh dealer-dealer Toyota. Hal inilah yang oleh Porter disebut sebagai operational effectiveness yang menjadi salah satu faktor mengapa harga mobil Toyota bisa lebih murah bila kita bandingkan dengan Ford, Mercedes-Benz, atau BMW.

Sementara dengan adanya penambahan pabrik baru pada lokasi yang baru akan dapat meningkatkan luasan wilayah penjualan, memperluas distributin coverage, serta memperluas distribution channels. Perluasan distribution channels tentu akan mendukung peningkatan rantai penawaran (supply chains) perusahaan. Peningkatan rantai penawaran akan meningkatkan value pelanggan berupa kemudahan dalam mendapatkan produk Toyota.

Untuk lanjutan jawabannya, sobat bisa download file nya dibawah ini ya, soalnya klo di post semua artikelnya kepanjangan..hehe

Download file jawaban soal manajemen strategi (SCA Toyota Auto2000)

Terima kasih sudah mampir, kalau ada kritik, saran dan juga pertanyaan, silahkan klik aja logo WA di pojok kanan bawah. Insya Allah fast respon.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda