Belajar Tidak Hanya Di Sekolah! Review WebToon Pupus Putus Sekolah - Gudang Ilmu

Friday, March 10, 2023

Belajar Tidak Hanya Di Sekolah! Review WebToon Pupus Putus Sekolah

Komik Pupus Putus Sekolah 

Komik karya Kurnia Harta Winata ini menceritakan tentang seorang anak usia SD bernama Pupus yang hidup bersama seorang Prof bernama Pak Suryo. Awalnya Pupus hidup bersama neneknya yang sudah tua. Tiap hari Pupus membantu neneknya menjaga warung, meskpiun masih SD tapi pupus sudah pandai menghitung belanjaan. Sebenarnya Pupus adalah anak yang pandai, namun Pupus tidak mau ke sekolah sebab ia pernah ditertawai oleh guru dan teman-temannya karena salah menjawab soal dari Guru.

Berjalannya waktu nenek Pupus akhirnya meninggal dunia, dan ia pun diasuh oleh pak Lik-nya yang bekerja sebagai tukang sapu di sebuah kampus. Waktu Pupus ikut nyapu di kampus disitulah ia bertemu dengan Prof. Suryo. Melihat Pupus yg masih anak-anak tapi sudah ikut bekerja membuat Prof. menawari Pupus untuk bantu membersihkan rumah professor, sebagai balasannnya Pupus bebas belajar apa saja dan kapan saja yang Pupus mau dan nanti Professor yang mengajari.

Saat bantu-bantu di rumah Prof Suryo, Pupus di kenalkan dengan penjaga warung makan bernama Mak Luwe. Setelah selesai bersih-bersih biasanya Pupus ke tempat makam Mak Luwe untuk meminta jatah makan siang. Semakin lama hubungan Mak Luwe dan Pupus jadi semakin akrab, bahkan kadang Pupus suka menjahili Mak Luwe. Mba Sari anak Mak Luwe juga akhirnya berteman dengan Pupus.

Dari sanalah kisah Pupus yang putus sekolah dimulai. Di komik diceritakan awalnya pupus belajar bahasa inggris lalu saat bosen ia akan membaca buku lain seperti matematika bahkan sampai fisika. Prof jg mengajarinya cara bertanya kepada mbah Google, "intinya kamu hrs pintar menggunakan kata kunci" begitu kata Prof Suryo

Kelebihan Komik Pupus Putus Sekolah:
  1. Sosok Pupus terlalu ideal untuk kita temukan di dunia nyata
  2. Cerita termasuk berat untuk di pahami oleh anak
  3. Perlu disclaimer, jika putus sekolah bukanlah pilihan pertama

Kekurangan Komik Pupus Putus Sekolah:
  1. Cerita lucu, kocak dan menarik
  2. Banyak pelajaran hidup yang bisa diambil
  3. Banyak nilai pendidikan yang bisa dipejajari
  4. Cerita dapat melatih rasa empati, karena banyak plot yang menggambar kesedihan

Pelajaran dalam komik “Pupus Putus Sekolah”:
  1. Belajar bisa dilakukan dimana saja, tapi tetap butuh bimbingan seorang guru
  2. Guru sebagai pendidik, seharusnya tidak mudah menjudge bahwa seorang anak bodoh hanya karena jawabannya salah
  3. Pendidikan seharusnya idak berfokus pada nilai, tapi kemampuan dan kreativitas anak
  4. Jangan mudah menyerah ketika gagal mencoba dalam memahami/mempelajari sesuatu
Sekian dulu review Komik Pupus Putus Sekolah. Terimakasih buat seseorang jauh disana yang sudah memberikan ide untuk membuat tulisan ini. Semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan, Amiiin.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda