Jamur Trucuk Atau Jamur Bulan Lezat dan Kaya Manfaat - Gudang Ilmu

Monday, December 27, 2021

Jamur Trucuk Atau Jamur Bulan Lezat dan Kaya Manfaat

jamur trucuk
Jamur Trucuk
Sumber: Foto Pribadi

Wah jamur apa nih kira-kira yang termasuk sebagai jamur liar namun istimewa, memiliki rasa Lezat dan kaya manfaat? Iya betul jamur liar yang lezat dan kaya manfaat ini dinamakan dengan jamur trucuk atau jamur supa barat atau jamur bulan (Gymnopus sp.)


Ceritanya pas aku nyapu pekarangan, gak sengaja dibawah gajebo alias angkruk atau gubuk gak sengaja aku nemu segerombolan jamur, yang kayaknya sih gak beracun, namun karena masih belum tahu jenis jamurnya, akhirnya aku coba cari-cari info dari mbah google. Sebelumnya ak tanya sama simbah yang kebetulan lagi duduk di gubuk, kata simbah sih jamur barat. "Ha? jamur barat emang ada?? Aku masih gak percaya, halah palingan juga asal nyeplos aja. Eh ternyata memang beneran ada, nama aslinya jamur supa barat/jamur angin barat atau jamur bulan (Gymnopus, sp). "Gila sih, pengetahuan orang tua zaman dulu emang bukan kaleng2. Hahaha

Lebih kaget lagi, ternyata jamur ini bukanlah jamur sembarangan. Mengutip dari indoflashlight jamur ini termasuk kategori jamur sangat langka (peringkat A dengan persentase 91,7%), merupakan endemik asli indonesia, hanya tumbuh setahun sekali diawal atau dimusim penghujan, belum bisa dibudidayakan, termasuk jamur terlezat dan kaya akan manfaat.1 Gimana aku gak ter wowwww wowwww. Aku nemu jamur ini dibawah gubuk reotku...Hehehe

Tapi jamur yang aku temukan lebih tepatnya disebut jamur trucuk bukan jamur supa barat/jamur bulan. Salah satu bedanya adalah pada ukurannya, kalau trucuk kecil sedangkan jamur barat/bulan bisa gede (sama seperti yang dikatakan simbah, kalau jamur barat itu bisa mekar gede, woww). Itu aku dapatkan dari beberapa sumber yang aku baca, bukan dari pendapatku sendiri ya karena aku bukanlah ahli jamur. Hehehe


Jamur Trucuk bawah Gubuk

Jamur Supa Barat atau Jamur Bulan
Sumber: indoflashlight

Untuk spesifikasi lengkap sobat bisa cari di internet ya. Banyak kok blog/web yang membahas tentang jamur ini. Karena tujuan aku disini bukan untuk membahas secara spesifik namun hanya sekedar sharing saja, siapa tahu di sekitar rumah atau pekarangan sobat ditumbuhi jamur ini. Karena waktunya pas sekali di indonesia lagi masuk musim penghujan.

Intinya jamur trucuk, jamur supa barat atau jamur bulan adalah jamur yang istimewa karena meskipun jamur liar namun memiliki rasa yang lezat (berdasarkan sumber-sumber yang tak baca). Mengutip dari khasiat.co.id manfaat jamur barat ini ternyata banyak sekali, diantara manfaat jamur barat adalah:2

1. Dapat Menambah Stamina Pria

2. Menguatkan Otor

3. Menghaluskan Kulit

4. Melancarkan Penceraan

5. Menghilangkan Lemak Perut

6. Sebagai Antioksidan, Dsb.

Jadi bagi para pecinta alam bebas, yang kebetulan berada dihutan dan nemu jamur ini, gak usah ragu untuk memanfaatkannya sebagai bahan makanan karena jelas jamur barat bukan jamur yang beracun bahkan terbilang sebagai jamur terlezat atau mungkin kalau jumlahnya banyak bisa untuk dijual. Jamur ini statusnya tidak dilindingi jadi gak masalah kalau diperjualbelikan.3


 DAFTAR PUSTAKA

[1][3]   https://www.indoflashlight.org/jamur-bulan-gymnopus-sp-menjadi-jamur-terlezat/

[2]        https://khasiat.co.id/sayur/jamur-barat.html


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda